Like us!       Follow us!  Recommend us!

Uang Logam 500 perak di palsuin.. hati-hati

Berita dari pelosok Nusantara

Uang Logam 500 perak di palsuin.. hati-hati

Postoleh kiyou » Kam Jul 05, 2012 11:22 pm

Ini dapet info dari forum tetangga : http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=15285270

Uang koin Rp 500 palsu beredar, masyarakat diminta jeli


Subdit II Direktorat Reserse Kriminal Polda Jawa Barat (Jabar) meringkus seorang kakek berinisial TS (60) pembuat uang palsu logam pecahan Rp 500,- emisi tahun 2008. Kakek yang kesehariannya bekerja sebagai tukang bubut sudah sejak 2010 menjual alat pencetak uang yang kemudian menjadi pencetak uang.

Sekilas tidak ada yang berbeda dari logam perak itu. Namun jika diteliti lagi uang karya si kakek memang terlihat berbeda dengan uang cetakan Bank Indonesia.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Martinus Sitompul menyebut, terdapat beberapa bagian yang membedakan uang logam palsu hasil mesin buatan TS dengan uang asli. Di antaranya adalah tidak adanya tulisan Bhineka Tunggal Ika pada logo burung Garuda, tekstur bunga melati tidak rapi, dan gerigi di bagian samping yang lebih kasar.

Dia pun menghimbau kepada masyarakat agar lebih jeli menerima koin Rp 500, sebab disinyalir sejak 2010, puluh ribu koin ini sudah beredar.

"Kalau tersangka dalam sehari, bisa memproduksi 1.000-1.500 koin, namun itu baru dilakukan seminggu lalu karena keburu ditangkap. Tapi dari hasil penjualan mesin cetak, pembeli juga diduga menggunakan untuk mencetak uang koin palsu, sehingga pembeli mesin bubut ditambahkannya, masih menjadi Daftar Pencarian Orang (DPO)," terangnya.


nih buat yang mau gambarnya -> kiri asli,, kanan palsu yaa
http://i18.servimg.com/u/f18/12/68/30/28/26122011.jpg Tampak depan
http://i18.servimg.com/u/f18/12/68/30/28/26122010.jpg Tampak Belakang
kiyou
Selaputik
 
Post: 6
Bergabung: Kam Jul 05, 2012 10:27 pm
Lokasi: Taman Galaxy, Bekasi

Re: Uang Logam 500 perak di palsuin.. hati-hati

Postoleh hantuceria » Jum Jul 06, 2012 12:52 am

Apa gak rugi yah pembuatnya?
Secara nilai intrinsik nya gak seimbang sama nominalnya :?
hantuceria
Selaputik
 
Post: 23
Bergabung: Jum Jul 06, 2012 12:35 am
Lokasi: @hantuceria

Re: Uang Logam 500 perak di palsuin.. hati-hati

Postoleh jhebheche » Jum Jul 06, 2012 1:40 am

hantuceria menulis:
> Apa gak rugi yah pembuatnya?
> Secara nilai intrinsik nya gak seimbang sama nominalnya :?

iya yah...

tapi paling duit 500 ntar lari nya buat bayar parkir motor.. :lol:
jhebheche
Selaputik
 
Post: 11
Bergabung: Jum Jul 06, 2012 1:23 am

Re: Uang Logam 500 perak di palsuin.. hati-hati

Postoleh hantuceria » Jum Jul 06, 2012 5:07 am

Mungkin pemikiran si pemalsu uang, kalo nominal kecil dan juga logam gak bakal dicek bro.
Kan kalo uang kertas nominal besar pasti dicek pake 3D/ lampu UV ,
jd mungkin menurut mereka lebih aman begitu.
-CMIIW-
hantuceria
Selaputik
 
Post: 23
Bergabung: Jum Jul 06, 2012 12:35 am
Lokasi: @hantuceria

Re: Uang Logam 500 perak di palsuin.. hati-hati

Postoleh ihza trisnowidodo » Jum Jul 06, 2012 3:19 pm

sekarang, semua dipalsu'in.. hmm :oops:
ihza trisnowidodo
Selaputik
 
Post: 6
Bergabung: Jum Jul 06, 2012 3:13 pm

Re: Uang Logam 500 perak di palsuin.. hati-hati

Postoleh User282 » Jum Jul 06, 2012 3:43 pm

palsuin uang 500 perak , nanggung bngt ...
ud gitu ketangkep pula ... :lol:
User282
Selaputik
 
Post: 22
Bergabung: Jum Jul 06, 2012 1:58 am

Re: Uang Logam 500 perak di palsuin.. hati-hati

Postoleh Littelbatavia » Sab Jul 07, 2012 9:08 am

ada- ada aja tekor kali gan palsuin uang Logam :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol:
Littelbatavia
Selaputik
 
Post: 5
Bergabung: Sab Jul 07, 2012 8:52 am

Re: Uang Logam 500 perak di palsuin.. hati-hati

Postoleh rombongan.kancil » Min Jul 08, 2012 2:37 am

ciri-ciri pembedanya agak sulit nih utk. dipastikan oleh orang awam kayak ane gini.. misalnya, tulisan Bhinneka Tunggal Ika, ane coba cek di uang logamnya, kecil bener... susah liatnya... :D
mungkin pihak BI bisa lebih memperjelas lagi, misalnya dari warnanya bagaimana, beratnya, kehalusan produksinya dan lain-lainnya.. :D
cuman share pendapat aja nih... :D
Welcome to our new forum, SEnyum saLAm saPA...
Peace yah... :D
Avatar pengguna
rombongan.kancil
IT Professor
 
Post: 922
Bergabung: Sab Jul 07, 2012 11:30 pm
Lokasi: di tengah keluarga

Re: Uang Logam 500 perak di palsuin.. hati-hati

Postoleh tegar_narajati » Sel Jul 10, 2012 8:05 am

ngapan juga yaah , uang kek gitu dipalsuin ?? :?:
tegar_narajati
Selaputik
 
Post: 7
Bergabung: Sel Jul 10, 2012 7:56 am

Re: Uang Logam 500 perak di palsuin.. hati-hati

Postoleh zengraviz » Sel Jul 10, 2012 11:00 am

lumayan dah, buat bayar parkir, kdang kadang gak punya duit kecil :lol:
Please obey rules, for better future of Selapa!

-- Momod Selapa! ---
Avatar pengguna
zengraviz
Selaput
 
Post: 296
Bergabung: Kam Jul 05, 2012 2:10 pm
Lokasi: Ndak tau nih nggak bawa peta

Re: Uang Logam 500 perak di palsuin.. hati-hati

Postoleh dua » Sel Jul 10, 2012 3:32 pm

kurang kerjaan amat malsuin pecahan kecil :D
dua
Selaputik
 
Post: 2
Bergabung: Sel Jul 10, 2012 3:18 pm

Re: Uang Logam 500 perak di palsuin.. hati-hati

Postoleh taufik akhmal » Sel Jul 10, 2012 6:41 pm

pecahan gopean di palsuin? :lol: biaya ngelebur bijih besi aja udah berapa yang ada udah tekor tuh si kakek :D
taufik akhmal
Selaputik
 
Post: 1
Bergabung: Sel Jul 10, 2012 6:34 pm

Re: Uang Logam 500 perak di palsuin.. hati-hati

Postoleh ö²™ » Sel Jul 10, 2012 8:57 pm

emang jaman udah gila kali yah... Uang Gopean logam ampe di palsuin.. :lol:
  
  
  
  
We cannot solve our problems with the same thinking we used when we created them. :mrgreen:
Avatar pengguna
ö²™
Selapalapa
 
Post: 711
Bergabung: Min Jul 08, 2012 8:51 am
Lokasi: Under Construction

Re: Uang Logam 500 perak di palsuin.. hati-hati

Postoleh User933 » Sel Jul 10, 2012 11:14 pm

kalo si kakek bisa bikin sejuta keping dalam sebulan....bukannya jadi 500jt gan....
User933
Selaputik
 
Post: 11
Bergabung: Min Jul 08, 2012 7:10 am

Re: Uang Logam 500 perak di palsuin.. hati-hati

Postoleh ö²™ » Sel Jul 10, 2012 11:24 pm

momod wrote:
> kalo si kakek bisa bikin sejuta keping dalam sebulan....bukannya jadi 500jt
> gan....

500jt tapi dalem bentuk recehan, itu juga bentuknya kaga alus, kudu wajib pasti 1000000% ketangkep gan... :lol:
  
  
  
  
We cannot solve our problems with the same thinking we used when we created them. :mrgreen:
Avatar pengguna
ö²™
Selapalapa
 
Post: 711
Bergabung: Min Jul 08, 2012 8:51 am
Lokasi: Under Construction

Re: Uang Logam 500 perak di palsuin.. hati-hati

Postoleh bayupratama5 » Rab Jul 11, 2012 6:59 am

niatnya nyari aman, tapi akhir"nya ketangkap juga. kasian kasian.... :oops:
bayupratama5
Selaputik
 
Post: 6
Bergabung: Rab Jul 11, 2012 6:49 am
Lokasi: Banten

Re: Uang Logam 500 perak di palsuin.. hati-hati

Postoleh manfrombc » Rab Jul 11, 2012 6:07 pm

uang logam aja bisa dipalsuin :o
manfrombc
Selaputik
 
Post: 2
Bergabung: Rab Jul 11, 2012 5:51 pm

Re: Uang Logam 500 perak di palsuin.. hati-hati

Postoleh mojave » Rab Jul 11, 2012 7:41 pm

kiyou menulis:
> Uang koin Rp 500 palsu beredar, masyarakat diminta jeli



capek2 malsuin duit 500 perak. coba malsuin yg 100 ribu aja biar byk untung
mojave
Selaputik
 
Post: 9
Bergabung: Rab Jul 11, 2012 6:09 pm
Lokasi: Kampung Virtual

Re: Uang Logam 500 perak di palsuin.. hati-hati

Postoleh mugendramon » Rab Jul 11, 2012 8:56 pm

Gila gope aja dipalsuin, gimana kalo 100rb ya :roll:
mugendramon
Selaput
 
Post: 54
Bergabung: Rab Jul 11, 2012 8:00 am
Lokasi: I'm in here! kaskus, selapa, twitter and follow me @RafliManar follback? just mention LOLZ

Re: Uang Logam 500 perak di palsuin.. hati-hati

Postoleh b4716rg » Jum Jul 13, 2012 9:35 am

Koin 500 paling buat ngasih pak ogah yg di perempatan jalan atau di tmp puter balik. Ane sh kaga perhatiin lagi dah mana asli mana palsu. Lagian palsuin koin 500 mah rugi kali ya. Mending klo modalnya ketutup. Modal ga ketutup, tau2 ketangkep polisi. :lol:
b4716rg
Selaputik
 
Post: 2
Bergabung: Kam Jul 12, 2012 4:38 pm

Berikutnya

Kembali ke Local News

cron
  • Siapa yang online
  • Lihat post baru
  • Lihat post yang belum terjawab
  • Total 3 pengguna yang online :: 0 terdaftar, 1 tersembunyi dan 2 tamu (didasarkan pada pengguna yang aktif selama 5 menit terakhir)
  • Pengguna terbanyak yang pernah online 2602 pada Sen Sep 10, 2012 2:53 pm
  • Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 2 tamu